Sate Balibul Khas Tegal

Sate Balibul Khas Tegal

Sentuh Indonesiaku I Tegal,  Sate merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Dan masing-masing sate pastilah mempunyai ciri khas dalam penyajian dan rasanya. Salah satunya adalah sate Balibul, yaitu jenis sate kambing yang masih berusia 5 bulan atau sate kambing muda. Balibul sendiri merupakan singkatan dari Bayi Lima Bulan, jadi bahan sate yang digunakan adalah daging kambing yang baru berusia lima bulan.

Pada Maret 2013, seusainya kegiatan Nusantaride One Day Rally, Let’s Ride & Get Warm di wilayah Guci Tegal, kami berkesempatan mencicipi nikmatnya Sate Balibul di Guci Tegal. Tidak jauh dari setelah melewati gerbang masuk Taman Wisata Guci kita akan melewati Rumah Makan Sate Balibul milik bapak H.  Mustafa yang beralamat di Jalan Raya Tuwel, Tegal ini yang konon adalah Rumah Makan yang pertama kali menyediakan menu sate kambing muda ini.

Sate yang disajikan memang berbeda dengan sate-sate yang biasa kita jumpai, potongan daging yang lebih besar serta tanpa ada lemak. Sate pun dibakar tanpa menggunakan bumbu seperti sate kebanyakan. Sate di hidangkan dengan bumbu kecap dan irisan cabe, bawang dan tomat muda. Ditambah dengan semangkuk sop kambing menambah kenikmatan makan siang kita.

Jangan lupa untuk memesan teh Poci khas Tegal yang di sajikan dengan teko dan gelas tanah liat lengkap dengan potongan gula batu menambah segarnya badan kita sehabis menyantap sate Balibul. Untuk harga yang dikeluarkan sepadan dengan apa yang kita rasakan. 

    Fauzi Ahmad

    Redaksi: Fauzi Ahmad

    Email : salfa_7@yahoo.co.id

    Phone : 087888370626


    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook