Cahaya di Kampung Cisoka

Cahaya di Kampung Cisoka

Sentuh Indonesiaku I Sumedang, Beberapa tahun lalu sebuah perkampungan yang terletak di tengah perkebunan teh Margawindu, berada di wilayah Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Jika sahabat Nusantaride ada di kota Sumedang berkendaralah sekitar 15 km ke arah selatan, maka sahabat Nusantaride akan memasuki Kampung Cisoka yang saat ini dihuni oleh sekitar 27 kepala keluarga (KK) tersebut masih belum tersentuh oleh aliran listrik. Ketika malam tiba, para penduduk menggunakan cempor atau lampu minyak untuk penerangan malam hari.

Permasalahan yang dialami oleh penduduk cisoka tersebut membuat sebuah komunitas yang mempunyai hobi berkendara roda dua yang bernama Kartala melakukan perjalanan ke kampung Cisoka. Tak hanya sekedar menikmati hamparan hijaunya perkebunan teh yang telah ada sejak tahun 1970an, Komunitas Kartala juga menjalankan salah satu misi mereka yaitu memberikan bantuan berupa panel-panel surya untuk penerangan, ungkap Suyut Utomo salah satu pengendara roda dua yang terlibat dalam komunitas Kartala

Sampai saat ini teman-teman dari Kartala masih suka mengunjungi kampung Cisoka, sebuah kampung yang akan menyuguhkan pemandangan hijau kebun teh dengan latar belakang pegunungan Kareumbi, dan juga akan merasakan keserdahanaan masyarakat yang masih mengunakan rumah berbentuk panggung berdinding anyaman bambu. Segala sesuatunya masih dilalukan dengan cara tradisional.
"Negeri ini begitu indah Tuhan... Bantu kami menjaganya..."

    Poetra Bangsa

    Redaksi: Poetra Bangsa

    Email : rednusantaride@gmail.com


    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook