Soto Parakan, Sajian Berbumbu Rindu khas Temanggung

Soto Parakan, Sajian Berbumbu Rindu khas Temanggung

Sentuh Indonesiaku | Temanggung, Antusiasme peserta #Nday2017 sungguh luar biasa, para sahabat datang dari banyak wilayah Nusantara. ada yang gemar berfoto, ingin melepas rindu dengan sahabat sampai pemburu kuliner pun hadir.

Ya, sebut saja Mas R. Arief Prasetyo, Sahabat Nusantaride ini terpantau berangkat dari Jakarta Jumat (21/04/2017) pagi. Mengendarari Suzuki Thunder 250, Mas Arief tak lupa mampir mencicipi kuliner sepanjang perjalanan, dari es dawet hitam yang sungguh menyegarkan tenggorokan, sampai soto ayam yang menggugah selera.

Rumah Makan yang berlokasi di Jl. Pahlawan No. 26 Simpang Tiga Parakan-Bulu-Kedu, Parakan, Jawa Tengah, yang menyajikan menu Soto Parakan khas Temanggung tidak dilewatkan begitu saja oleh sahabat Nusantaride yang terkenal dengan tagline "Patut Dipoedjiken" bila memuji sebuah masakan.

"Soto ini sudah menemani saya hampir 40 tahun perjalanan hidup ini. Alm Papah selalu mengajak mampir kesini tiap pulang ke jogja, dan kebiasaan ini terbawa hingga saya sudah berkeluarga dan beranak 2" ucap Mas Arief kepada Nusantaride.com

Soto Parakan, lebih mirip sup ayam, kuahnya yang bening berisikan bihun yang lembut dan tauge segar, dengan bumbu yang ringan dan khas, serta dilengkapi perkedel dan aneka lauk seperti ayam goreng, tahu bacem, tempe bacem, sate usus, sate babat, sate ati ampela, sate telur puyuh dll.

Siapa sangka, Soto yang dirintis oleh Almarhum Mbah Joyo sejak tahun 1950an ini dahulu dijajakan dengan menggunakan pikulan. Setiap harinya Almarhum Mbah Joyo mangkal di sekitar Toko Jamu Jago, dan dilanjutkan berkeliling di Jalan Sebokarang dan Gambiran menjelang sore sembari pulang ke rumahnya di Kampung Kemalangan. Seiring berjalannya waktu, istri Almarhum Mbah Joyo membuka kedai soto sederhana dibantu putranya yang bernama Amat Amri di seberang Kantor Pos Parakan dengan menumpa

Isaac Yulianto

Redaksi: Isaac Yulianto

Email : isaac.yulianto@gmail.com

Phone : 081585555884


Berita Terkait


Komentar Via Facebook