Jathilan, Tarian Pembukaan Nusantaride Day 2017

Jathilan, Tarian Pembukaan Nusantaride Day 2017

Sentuh Indonesiaku | Kulonprogo, Pembukaan Nusantaride Day 2017 yang berlangsung Sabtu (22/04/2017) sore menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu para peserta. Gelaran tahunan para pecinta wisata bermotor yang berlangsung hingga hari ini ini diawali dengan tari Jathilan, yang merupakan salah satu kesenian khas daerah Yogyakarta.

"Pembukaan acara Nusantaride Day selalu diawali dengan kesenian lokal sebagai makna perwujudan cita-cita Nusantaride mengenalkan keindahan Nusantara" kata Adie Siswoyo Ketua Panitia Acara #NDay2017 di Kulonprogo.

Jathilan juga dikenal dengan nama kuda lumping, kuda kepang, ataupun jaran kepang.
Kesenian yang merupakan perpaduan antara seni tari dengan magis ini dimainkan dengan menggunakan properti berupa kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu (kepang). Hanya dipentaskan di dusun-dusun kecil, selain sebagai sarana menghibur rakyat sekitar, kesenian ini dipentaskan guna membangkitkan semangat rakyat dalam melawan penjajah.

Gamelan untuk mengiringi Jatilan ini cukup sederhana, hanya terdiri dari drum, kendang, kenong, gong, dan slompret, yaitu seruling dengan bunyi melengking. karena memang pada asal muasal tarian ini adalah tarian rakyat jelata. Lagu-lagu yang dibawakan dalam mengiringi tarian, biasanya berisikan himbauan agar manusia senantiasa melakukan perbuatan baik dan selalu ingat pada Sang Pencipta.

Selamat mengikuti acara Nusantaride Day 2017 yang berlangsung di Pantai Glagah - Kulonprogo - The Jewel of Java

    Isaac Yulianto

    Redaksi: Isaac Yulianto

    Email : isaac.yulianto@gmail.com

    Phone : 081585555884


    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook