Bau Peapi, kuliner legendaris khas Mandar

Bau Peapi, kuliner legendaris khas Mandar

Sentuh Indonesiaku | Polewali Mandar, Sulawesi Barat dikenal dengan wilayah pesisir pantainya yang indah. Beberapa lokasi wisata di daerah ini memanfaatkan keindahan pantai dengan jernihnya air laut yang mampu memanjakan mata siapapun yang  datang berkunjung melihatnya. Mencicipi kuliner lezat khas mandar menjadi salah satu keharusan bagi para sahabat yang berkunjung kedaerah ini. Salah satu makanan tradisional setempat itu adalah Bau Peapi. Kuliner andalan Mandar ini biasanya terbuat dari ikan tuna atau cakalang yang dimasak dengan bawang segar.

 

Masakan ikan khas Mandar ini mempunyai makna Bau berarti ikan, sedang Peapi dapat diartikan dimasak. Teknik masak yang menggunakan minyak kelapa lokal khas Mandar dengan kandungan lemak sangat tinggi dan racikan bumbu ditambah campuran rasa asam dari mangga dan belimbing membuat kuah dari makanan ini semakin segar dan memiliki rasa otentik khas mandar. Selain itu memasak menggunakan kawali dan menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar menimbulkan cita rasa tersendiri yang khas.

 

Jika para sahabat sedang berada di Sulawesi Barat tepatnya di kabupaten Mamuju beberapa rumah makan makan menyajikan menu ini sebagai pilihan hidangan yang dipesan. Salah satunya ada di RM. Cici yang terletak di Jl. Jalan Abdul Malik Pattana (koordinat -2.680309, 118.857851). Rasa yang otentik dan lezat dengan harga terjangkau dapat para sahabat temukan disini dan kita dapat ikut melestarikan warisan kuliner nusantara khas suku mandar ini.

    Rully Andreto

    Redaksi: Rully Andreto

    Email : rullyandreto1@gmail.com

    Phone : 082115444010


    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook