Sego Godhong Jati

Sego Godhong Jati

Sentuh Indonesiaku | Jakarta, Jawa Timur terkenal dengan aksesnya yang mudah dengan jalur yang indah,
sebut saja Tuban, Cepu, Magetan, Ponorogo dari arah Barat dan Banyuwangi dari Timur, Apabila melintas jalur selatan, Jangan lewatkan kesempatan menikmati kuliner khas Pacitan ketika sahabat beristirahat sebelum menuju lokasi event Nusantaride Day 2018 di Jawa Timur.

Sego godhong jati, Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Nasi Daun Jati. Bukan nasi dengan lauk daun jati maksudnya. Kuliner yang satu ini mirip dengan Nasi Jamblang dari Cirebon dengan wadah/ bungkus dari daun jati, merupakan salah satu kuliner langka yang patut dicoba.
Konon, makanan seperti itu hanya ditemukan saat ada hajatan terutama pernikahan sebagai nasi berkat orang-orang yang hadir. Kini makanan ini juga sudah langka lantaran setiap pernikahan tidak lagi menggunakan berkat melainkan suvenir.

Menemukan Sego Godong Jati di Pacitan tidaklah mudah. Sego Godong Jati tidak dijual di area wisata, umumnya hanya ada didaerah perkampungan warga. Meski isinya cukup sederhana, nasi dengan urap dan juga tumis tempe (kering tempe), serundeng serta lauk ikan asin ataupun peyek ini sungguh menggugah selera.
ditambah aroma daun jati sangat khas membuat nasi yang ada di dalamnya memiliki rasa yang berbeda pula.
Sego godong jati kembali hits di Pacitan akhir-akhir ini karena rasa dan aroma nya membangkitkan memori dan kebahagiaan yang dulu pernah ada bagi masyarakat pesisir pantai selatan Jawa Timur.

Sempatkan mampir di warung makan Mbak Tini, depan pabrik rokok Sampoerna di kelurahan Sidoharjo,
atau beberapa warung makan di jalan menuju kecamatan Arjosari tepatnya di desa Semanten,
bila anda tak mau ketinggalan mencoba kuliner kota 1001 Gua ini.

"Sego godhong jati itu sederhana tapi istimewa, cocok untuk mengisi perut saat

Fauzi Ahmad

Redaksi: Fauzi Ahmad

Email : salfa_7@yahoo.co.id

Phone : 087888370626


Berita Terkait


Komentar Via Facebook