Romantika 107 hari Panglima Besar

Romantika 107 hari Panglima Besar

Sentuh Indonesiaku - Pacitan, Gugusan pegunungan kapur serta deretan pantai memang menjadi daya tarik utama Kabupaten Pacitan. Bahkan Kabupaten di barat daya Jawa Timur ini merupakan kabupaten dengan jumlah pantai terbanyak di Indonesia. Tidak kurang dari 16 pantai yang sudah dibuka untuk umum. Diantaranya pantai Banyu Tibo, pantai Klayar, pantai Buyutan dan banyak lagi.

Tidak hanya wisata alam yang mempesona,
Pacitan juga mempunyai objek wisata sejarah bertaraf internasional setelah diresmikannya Pengembangan dan Revitalisasi Kawasan Wisata Sejarah Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman akhir tahun 2008. Yang menarik adalah sebuah rumah milik Karsosoemito, seorang Bayan di dukuh Sobo yang dijadikan Markas Gerilya selama 107 hari oleh Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman.

Rumah yang menjadi markas komando utama Serangan Umum 1 Maret 1949 ini dikelilingi alam sekitar yang indah dan berudara sejuk, bahkan mungkin dirasakan sangat dingin bagi sebagian orang.
"Lokasi ini dapat ditempuh dari Kota Solo dengan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam" Ucap Adie B Siswoyo, salah satu admin Nusantaride kepada tim redaksi. "Nggak jauh dari Markas Gerilya ini ada kompleks Monumen Patung Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman yang sangat megah" tambah pengendara Kawasaki Pulsar NS ini.

Selain monumen patung setinggi 8 meter, Komplek monumen Jendral Soedirman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang audio visual, ruang resepsionis, pasar seni, cafetaria dan lapangan luas. Pengunjung juga akan disuguhi diorama perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pengakuan kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949 oleh Belanda. Di kompleks monumen ini kita juga bisa menyaksikan relief perunggu yang menggambarkan perjalanan hidup dari masa kecil, perjuangan hingga akhir usia Panglima

Isaac Yulianto

Redaksi: Isaac Yulianto

Email : isaac.yulianto@gmail.com

Phone : 081585555884


Berita Terkait


Komentar Via Facebook