Kisah Heroik Tentara Siliwangi dan Rakyat Ciseupan

Kisah Heroik Tentara Siliwangi dan Rakyat Ciseupan

Sentuh Indonesiaku I Jakarta, Monumen perjuangan itu berdiri kokoh di salah satu sudut kampung Ciseupan dipinggir sungai desa Cibuluh. Ada 4 bagian utama monumen tersebut yaitu relief yang menggambarkan perang gerilya, relief lidah api menjulur yang menggambarkan semangat juang rakyat Cibuluh, tulisan Monumen Perjuangan 45 dan patung maung Siliwangi yang berdampingan dengan patung seorang pejuang Indonesia. Adanya monumen perjuangan 45 di desa Cibuluh merupakan penanda terjadinya peristiwa heroik sekaligus tanda penghormatan bagi para pejuang yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda di Ciseupan.

Melalui Nusantaride Day 2019, Nusantaride mencoba mengajak para sahabat Nusantaride untuk kembali melihat dan mengenang sebuah peristiwa di era perang kemerdekaan, tentang betapa besarnya pengorbanan para pejuang kemerdekaan Republik ini mempertahankan kemerdekaan.

Monumen yang terletak di Cibuluh, Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini bisa sahabat jadikan salah satu lokasi checkpoint yang bisa didatangi untuk mendapatkan titik koordinat lokasi utama Nusantaride Day 2019. Sambil menikmati pesona alam yang disuguhkan oleh Desa Wisata Cibuluh, sahabat Nusantaride juga dapat melihat sebuah saksi sejarah tentang sebuah perjuangan.

Selamat berjuang dan sampai jumpa di Nusantaride Day 2019, Wonderfull Indonesia, Wonderfull West Java.

    mas bonar

    Redaksi: mas bonar

    Email : rednusantaride@gmail.com


    Berita Terkait

    Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook